Tips Wanita, Tips Kecantikan, Tips Kesehatan, Resep Cantik dan Makanan Sehat

Manfaat Berpuasa Untuk Kesehatan

Puasa di bulan Ramadhan itu hukumnya wajib. Tapi puasa tenyata ada manfaatnya untuk kesehatan. Mungkin manfaat puasa ini sudah sering kita dengar, namun saya mencoba mengupasnya kembali dari sudut yang lebih netral, mempertimbangkan logika seorang beragama. Kalau kita mau menggali Al-qur’an dan hadist Nabi SAW ada beberapa yang bisa kita pelajari diantaranya adalah sbb:


manfaat puasa untuk kesehatan


1. Allah berfirman:”...Dan berpuasa itu lebih baik bagi kamu...”(Q.S.Albaqoroh:184) 
2. Rasulullah SAW bersabda :”Berpuasalah agar kamu sehat”
3. Dalam hadits yang lain Rasul SAW bersabda pula :”Puasa adalah tameng” (H.R.Bukhari)

Dari ayat dan hadist diatas kita bisa mengambil pelajaran sbb, :

a. Puasa adalah perbuatan yang utama yang diperintahkan Allah kepada kita dan bahkan juga kepada ummat – ummat sebelum kita
b. Puasa menjadi tameng baik dari upaya nafsu untuk menguasai diri kita, maupun dari penyakit yang timbul akibat keserakahan makan dan minum
c. Puasa menyehatkan fisik kita dengan beberapa cara : 

Orang yang berpuasa akan terjadi detoksifikasi, yaitu pelepasan toksin, dan sampah metabolisme yang tertimbun didalam tubuh kita yang hal ini tidak sempat dibersihkan dalam 11 bulan perjalanan hidup kita. Reaksi yang dirasakan oleh orang puasa yang sedang mengalami detoksifikasi adalah panas diikuti pelepasan toksin, yang bisa menimbulkan muntah-diare-banyak kencing-sakit kepala hebat dll. Beratnya reaksi tergantung seberapa berat toksin dan sampah metabolisme ada didalam tubuh orang itu.



Orang yang baru pertama kali puasa akan mengalami reaksi yang hebat, dan bagi yang sudah terbiasa puasa akan terjadi reaksi ringan.
  • Mengingat selama puasa pekerjaan tubuh khususnya pencernaan tidak berat maka tubuh kita dapat bekerja cepat dalam melakukan revitalisasi sel-sel, khususnya sel hati, ginjal, dan kelenjar-kelenjar terutama kelenjar pencernaan .
  • Puasa juga bisa mencegah dan mengobati penyakit kencing manis, dan tumor ganas terutama stadium awal .
  • Puasa juga bermanfaat mencegah maupun mengobati penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stroke
  • Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa puasa membuat proses pembentukan protein sel menjadi lebih efisien dan proses coding pembentukan DNA lebih kecil kesalahannya, sehingga sel yang terbentuk jarang yang rusak .

Jika kita mau menyimak beberapa ayat suci Alqur’an dan hadist tentang puasa ada 4 dimensi keuntungan yang akan diterima oleh orang yang berpuasa sbb.:

- Dimensi fisik 

Yaitu peningkatan status kesehatan, ini bisa dibuktikan bahwa pada bulan puasa angka kesakitan menurun drastis, terutama pada tanggal 11 – 20 ramadhan, hal ini karena orang sudah mulai memiliki kesehatan yang membaik,perbaikan kondisi fisik ini dapat dirasakan bahkan oleh orang yang berpuasa secara awam . oleh karena itu sangatlah sedikit orang yang sakit yang harus dilarang berpuasa, beberapa klinik di Amerika Serikat bahkan menggunakan metode detoksifikasi dengan berpuasa.

- Dimensi psikologis 

Yaitu penyembuhan penyakit hati, dimensi ini hanya akan dirasakan oleh orang yang menjalankan puasa plus yaitu orang yang berpuasa dengan disertai usaha keras menahan diri dari berbagai perbuatan tercela . 

- Dimensi sosial 

Yaitu meningkatnya solidaritas sosial, ini akan dirasakan oleh orang yang berpuasa dengan disertai menahan nafsu makan berlebihan disaat berbuka karena mau mengingat penderitaan orang – orang yang miskin .

- Dimensi spiritual 

yaitu sesuai janji Allah ”...... agar kalian bertaqwa” yaitu meningkatnya kualitas keimanan dan kedekatan kita kepada Allah menjadilah kita orang yang bertaqwa . Dimensi spiritual ini akan didapat oleh orang yang menjalankan puasa dengan penuh keimanan dan bersungguh – sungguh, memperhitungkan dan memanfaatkan segala momen puasa dengan segala kelebihannya untuk mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya dengan kehadiran puasa romadhon ini .

Disini letak perbedaan menjalankan puasa dengan diet, orang yang berdiet hanya mendapatkan keuntungan fisiknya saja, sedangkan orang yang beribadah puasa khususnya puasa romadhon akan mendapatkan keuntungan fisik,psikologis,sosial dan spiritual. 

Lalu kita harus bagaimana untuk mendapatkan manfaat sehat dalam berpuasa ini secara optimal .

Syarat-syarat agar Puasa bisa menyehatkan :

a. Membulatkan niat lillahi ta’ala, hal ini penting karena puasa adalah perintah Allah kepada kita untuk dijalankan dengan penuh keimanan dan sungguh-sungguh. Puasa ramadhan ibaratnya seperti mobil menjalani service besar, oleh karena itu untuk menunjukkan niat yang bulat maka seluruh perbekalan disiapkan, yakni menyambut dengan gembira. Adapun cara menunjukkan kegembiraan kita atas datangnya ramadhan adalah dengan selalu merindukannya, mengurangi kesenangan-kesenangan duniawi, meningkatkan amalan-amalan sunnah pada bulan-bulan menjelang ramadhan dan tentu juga menyiapkan kondisi fisik yang prima agar dapat menjalani ibadah secara optimal .

b. Makan sahur, hendaknya makan sahur secukupnya, disertai minum kira-kira 4 gelas air. Saat sahur adalah saat yang penuh berkah, ketika bangun hendaklah kita berwudhu, membersihkan mulut kemudian sholat baru kemudian makan sahur, makan sahur akan meningkatkan keberkahan dan menguatkan tubuh kita, selama hari puasa .

c. Aktifitas fisik berat spt olah raga dilakukan menjelang berbuka, jangan melakukan olah raga pada pagi hari karena akan menurunkan kadar gula darah secara drastis yang tentu saja akan membuat kita lemah dan kemudian bisa pula pingsan .

d. Mengisi hari-hari dgn ibadah utk meningkatkan ketulusan ibadah puasa kita, karena ketulusan kita akan meningkatkan kualitas ibadah puasa. Adapun ibadah yang sangat dianjurkan di bulan puasa adalah sholat-sholat sunnah, membaca Alqur’an bahkan para sahabat memanfaatkan bulan romadhon sebagai syahrul Qur’an, yaitu bulan mempelajari Alqur’an secara mendalam. Juga meningkatkan amalan-amalan sosial seperti sodaqoh, memberi makan orang yang berbuka dan sebagainya .

e. Berbuka dgn yg manis dan tidak berlebihan, makanan yang pertama masuk ke mulut hendaknya yang manis-manis karena ini akan bisa segera membantu memulihkan kadar gula darah yang turun selama kita berpuasa. Disamping pula bahwa zat gula adalah bahan bakar yang paling cepat dan mudah diubah menjadi energi .

f. Sholat tarawih, adalah sholatul lail yang dilakukan hanya pada bulan romadhon, disamping mendapatkan manfaat pahala sunnah yang kita kerjakan, sholat tarawih juga meningkatkan kesehatan tubuh yaitu dengan gerakan sholat itu maka akan menggerakkan otot-otot sekitar perut shg membantu melancarkan pencernaan . Gerakan tarawih juga menyebabkan jantung bergerak, otot-otot berkontarksi dan memberikan efek melancarkan peredaran darah.

Itulah sekilas tentang Manfaat Berpuasa Untuk Kesehatan, semoga puasa kita diterima di sisi Allah SWT dan dilipatkan amal ibadah kita, serta tubuh kita menjadi sehat. Amiin..

Manfaat Berpuasa Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anita Nita

0 comments:

Post a Comment